Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Di TPQ Ash-Sholihin Desa Kraton Kecamatan Kencong
DOI:
https://doi.org/10.19184/jlc.v9i1.53694Abstract
Literasi mempunyai jenis beragam, salah satunya yaitu literasi agama. Literasi agama sangat diperlukan bagi anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran membaca dan mempelajari agama masing-masing. Maka untuk memperkuat literasi agama, pendidikan agama dapat dilakukan secara integratif melalui kegiatan keagamaan di luar atau di dalam bangku persekolahan. Sebagai wujud untuk melakukan gerakan literasi agama dapat diberikan melalui proses pembelajaran Al- Qur’an pada Taman pendidikan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tilawati di TPQ Ash-Sholihin Desa Kraton Kecamatan Kencong tersebut dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang sesuai digunakan untuk fenomena tersebut. Dalam pelaksanaan menjelaskan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tilawati di TPQ Ash-Sholihin mampu dikatakan meningkat seiring diterapkannya metode tilawati, akan tetapi teknik pembisaan yang terdapat pada metode tilawati tidaklah dilaksanakan secara optimal di TPQ Ash-Sholihin. Sehingga mengakibatkan dalam satu periode pembelajaran tidak naik jilid / juz secara bersama-sama karena tetap menggunakan sorogan / privat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lutfi Ariefianto; Winda Dwi Astuti, Deditiani Tri Indrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.