Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Di TPQ Ash-Sholihin Desa Kraton Kecamatan Kencong

Authors

  • Winda Dwi Astuti Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jlc.v9i1.53694

Abstract

Literasi mempunyai jenis beragam, salah satunya yaitu literasi agama. Literasi agama sangat diperlukan bagi anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran membaca dan mempelajari agama masing-masing. Maka untuk memperkuat literasi agama, pendidikan agama dapat dilakukan secara integratif melalui kegiatan keagamaan di luar atau di dalam bangku persekolahan. Sebagai wujud untuk melakukan gerakan literasi agama dapat diberikan melalui proses pembelajaran Al- Qur’an pada Taman pendidikan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tilawati di TPQ Ash-Sholihin Desa Kraton Kecamatan Kencong tersebut dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang sesuai digunakan untuk fenomena tersebut. Dalam pelaksanaan menjelaskan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tilawati di TPQ Ash-Sholihin mampu dikatakan meningkat seiring diterapkannya metode tilawati, akan tetapi teknik pembisaan yang terdapat pada metode tilawati tidaklah dilaksanakan secara optimal di TPQ Ash-Sholihin. Sehingga mengakibatkan dalam satu periode pembelajaran tidak naik jilid / juz secara bersama-sama karena tetap menggunakan sorogan / privat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-30