PERMAINAN MENCARI HARTA KARUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.19184/jlc.v9i1.53692Keywords:
Geometri; permainan harta karun; anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan mengenal bentuk geometri anak di TK Kuncup Kartika Kabupaten Sumedang akibat penggunaan metode pembelajaran yang konvesional oleh guru. Hal ini ditunjukkan dengan ketidakmampuan anak dalam menyebutkan, menunjukkan, dan mengelompokkan bentuk geometri. Tujuan yang hendak dicapai adalah meningkatkan hasil dan memperbaiki proses pengembangan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam kemampuan mengenal bentuk geometri. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian anak kelompok A dengan jumlah 12 orang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, hasil dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan mencari harta karun dengan media gambar dalam kegiatan pembelajaran mengenal bentuk geometri mengalami peningkatan yang lebih baik. Guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Salah satunya melalui permainan mencari harta karun dengan media gambar sehingga tujuan untuk meningkatkan pengenalan bentuk geometri dapat tercapai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lutfi Ariefianto; Revita Yanuarsari, Fadila Rahma Ghoer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.