PERAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL AGAMA ANAK DI PAUD ISLAM TERPADU ANANDA KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Nonik Dwi Kristiowati Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21295

Keywords:

peran pendidikan keluarga, perkembangan nilai moral agama, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran pendidikan keluarga terhadap perkembangan nilai moral agama anak di PAUD Islam Terpadu Ananda Kabupaten Jember. Jenis penelitian menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai interprestasi antara peran peran pendidikan keluarga terhadap perkembangan nilai moral agama anak tergolong memiliki hubungan yang cukup. Nilai rhitung sebesar 0,787 masuk pada kriteria keempat anatara 0,600 – 0,790. Cukupnya hubungan peran pendidikan keluarga terhadap perkembangan nilai moral agama anak dikarenakan pada saat keluarga memberikan pendidikan dapat berpengaruh pada perkembangan moral agama anak. Dengan pedidikan yang diberikan oleh keluarga, perkembangan anak akan menjadi cerdas dan patuh pada peraturan atau ajaran sesuai dengan agama yang dianutnya. Pendidikan yang diberikan dalam keluarga adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-30